8 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan, Salah Satunya Berobat dengan Cara Seperti Ini

- 27 Maret 2023, 09:53 WIB
Ilustrasi berobat.
Ilustrasi berobat. /Pixabay/Darkostojanovic

KlikBondowoso.Com - Puasa Ramadhan 1444 H dimulai pada 23 Maret 2023. Umat Islam di Indonesia menyambut dengan antusias.

Namun bagi anda yang berpuasa, perlu mengetahui 8 hal yang membatalkan puasa berikut. Ada sejumlah hal yang bisa membatalkan puasa, seperti keluarnya air mani atau sperma bagi laki-laki.

Dilansir dari NU online dalam artikel 'onani ketika berpuasa' diterangkan Syekh Nawawi dalam kitab 'Nihayatuz Zain' bahwa air mani keluar dengan sengaja akan membatalkan puasa.

Keluarnya air mani karena persentuhan atau kontak langsung seperti mencium, menggenggam tangan atau alat kelamin menempel pada sesuatu dapat membatalkan puasa.

Namun, apabila air mani keluar tanpa disengaja seperti mimpi basah maka puasa tidak batal. Asalkan langsung melaksanakan mandi wajib atau mandi junub.

Ulama Syekh Ali Jum'ah juga menjelaskan mimpi basah di siang hari saat bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa, dengan syarat ketika bangun tidur harus segera mandi junub dan melanjutkan puasa hingga waktu maghrib, serta tidak berkewajiban membayar utang puasa.

Ulama asal Mesir tersebut menyatakan jika orang yang sedang tidur sama seperti anak kecil dan orang gila yaitu sama-sama tidak terkena aturan Allah.

Mereka tidak dinilai berdosa saat berbuat kesalahan sampai terbangun (bagi orang yang tidur), menjadi dewasa (bagi anak-anak), dan sehat kembali (bagi orang gila).

8 Hal yang bisa membatalkan puasa Ramadhan maupun puasa sunnah antara lain:

Halaman:

Editor: Sholikhul Huda


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x