Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jantung

- 8 Mei 2024, 12:43 WIB
Half Lord of the Fishes Pose (Ardho Matsyendrasana) adalah salah satu gerakan yoga untuk meredakan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)./ pexels/ max nikhil thimmayya
Half Lord of the Fishes Pose (Ardho Matsyendrasana) adalah salah satu gerakan yoga untuk meredakan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)./ pexels/ max nikhil thimmayya /

KlikBondowoso- Dalam upaya menjaga kesehatan jantung, olahraga seringkali menjadi pilihan utama. Namun, selain olahraga yang intens dan berdenyut cepat, ada juga bentuk olahraga yang menenangkan namun tetap efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung. Salah satunya adalah yoga.

Meskipun terkenal dengan manfaatnya dalam meningkatkan fleksibilitas dan ketenangan pikiran, yoga juga memiliki potensi besar untuk memelihara kesehatan kardiovaskular yang optimal. Yoga dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berikut beberapa manfaat yang akan dapat diperoleh dari yoga untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular:

1. Meningkatkan kebugaran jantung

Meskipun yoga terutama dikenal karena gerakan yang lambat dan menenangkan, beberapa variasi yoga juga dapat melibatkan gerakan yang lebih dinamis dan meningkatkan detak jantung. Misalnya, praktik Vinyasa atau Power Yoga melibatkan gerakan berkelanjutan yang menggabungkan pernapasan dengan asana, sehingga memberikan efek kardiovaskular yang bermanfaat. Dalam yoga, gerakan ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan daya tahan fisik secara keseluruhan.

2. Mengurangi stres dan tekanan darah

Stres kronis dan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Yoga dikenal memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi tingkat stres. Melalui teknik pernapasan yang terkendali, meditasi, dan gerakan yang disinkronkan dengan pernapasan, yoga membantu menstabilkan sistem saraf otonom, mengurangi kadar hormon stres, dan menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, praktik yoga secara efektif dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan keseimbangan emosional

Keseimbangan emosional dan kesehatan jantung memiliki hubungan erat. Emosi yang tidak seimbang, seperti kecemasan dan depresi, dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular. Yoga membantu menciptakan keseimbangan emosional melalui fokus pada pernapasan, meditasi, dan relaksasi. Dengan meredakan stres dan meningkatkan kesadaran diri, yoga membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang berkaitan dengan ketegangan emosional.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Halaman:

Editor: Muhammad Irwanzah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah