Inilah Daftar Negara Dengan Kekuatan Militer Paling Lemah di Asia

- 15 Mei 2024, 21:28 WIB
Kekuatan Militer Terlemah di Asia
Kekuatan Militer Terlemah di Asia /

KlikBondowoso - Kekuatan militer suatu negara sangat penting, untuk melindungi negara dari berbagai ancaman di dalam dan luar negeri.

 

Menurut angka terbaru yang dikeluarkan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), banyak negara yang memperkuat kekuatan militernya dengan belanja militer global mencatat kenaikan paling tajam sejak 2009, meningkat sebesar 6,8% dari 2022 menjadi total US$2,44 triliun pada 2023.

 

Ini adalah tahun kesembilan berturut-turut di mana militer dunia belanja negara telah meningkat, dan seluruh wilayah utama, termasuk Amerika, Eropa, dan Asia mengalami peningkatan.

 

Pada tahun 2023, US$560 miliar dihabiskan untuk pertahanan di seluruh Asia, meningkat 3,6% dari tahun ke tahun. Dari jumlah tersebut, US$411 miliar dikeluarkan di Asia Timur, yang mewakili 73% dari total belanja pertahanan benua tersebut.

 

Di sisi lain, belanja pertahanan di Asia Selatan tercatat sebesar US$98,2 miliar, sedangkan belanja pertahanan di Asia Tenggara sebesar US$47,8 miliar.

Halaman:

Editor: Sholahudin Al Ghazali


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah