Menjelang Piala AFF 2024, Timnas Indonesia Tak Mematok Target Apapun

- 25 Mei 2024, 19:19 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong hanya tertawa ketika dikabari hasil drawing Piala AFF 2024 oleh Sumardji Ketua Badan Tim Nasional (BTN) bahwa Indonesia satu grup dengan Vietnam.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong hanya tertawa ketika dikabari hasil drawing Piala AFF 2024 oleh Sumardji Ketua Badan Tim Nasional (BTN) bahwa Indonesia satu grup dengan Vietnam. /

KlikBondowoso - Berdasarkan hasil pengundian Piala AFF 2024 pada tanggal 21 Mei 2024 di Hanoi, Timnas Indonesia masuk dalam Grup B bersama Vietnam, Filipina, dan Laos.

Sementara Thailand berada di Grup A bersama dengan Malaysia, Singapura, Kamboja, dan pemenang play off antara Timor Leste atau Brunei.

Piala AFF atau yang kini bernama ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024 kembali memanaskan duel sengit Timnas Indonesia versus Vietnam.

Ini sudah kali keempat kalinya Timnas Indonesia bertemu Vietnam di tahun 2024. Sebelumnya kedua tim bersua di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2024. Hasil positif ada di pihak Timnas Indonesia yang kini semakin berkembang dengan kekuatan pemain naturalisasi.

Di tingkat Piala Asia, mereka sudah berhasil tembus hingga babak 16 besar. Sementara skuad Garuda Muda finish sebagai peringkat keempat Piala Asia U-23.

Jika pelatih Kim Sang Sik dari Timnas Vietnam ditugaskan VFF untuk mencapai final Piala AFF 2024, Timnas Indonesia sampai saat ini belum punya target khusus. Hingga saat ini Indonesia belum pernah menjadi juara Asia Tenggara meski sudah mencapai final sebanyak 6 kali. Namun para penggemar Timnas Indonesia menyebut level mereka sudah bukan lagi Piala AFF.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji pun mengakui PSSI masih belum menetapkan target apa-apa untuk Timnas Indonesia Piala AFF ini. “Mudah-mudahan kita bisa meraih kemenangan terbanyak meski saat ini kita masih belum tahu apa tujuan spesifiknya. Timnas Indonesia akan menunggu keputusan Ketua Umum PSSI untuk Piala AFF 2024,” katanya.

Sumardji menegaskan, tujuan timnas Indonesia di Piala AFF 2024 masih akan dibicarakan secara internal di Federasi Sepak Bola Indonesia.

Sebab Kejuaraan Piala AFF bukanlah turnamen resmi FIFA sehingga ajang ini tidak akan mempengaruhi peringkat dunia Timnas Indonesia.

Halaman:

Editor: Sholahudin Al Ghazali


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah